Yuuk kita mengenali serangga di sekitar kita pada usia dini

Penulis: Sukirno

Laboratorium Entomologi Fakultas Biologi UGM

A. Pengenalan serangga di TK Khalifah Condong Catur

B. Pengenalan serangga kepada siswa TK Indriyasana Turi

Anak-anak usia 4-6 tahun merupakan fase perkembangan dimana anak banyak mengeksplor, berusaha mengenal dan mencoba sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Pada fase ini anak-anak terkadang tidak segan untuk menyentuh, memegang, menangkap, dan menyimpan hewan yang mereka temui di sekitar mereka. Mereka belum mengetahui apakah hewan yang mereka bawa tersebut berbahaya atau tidak. Hewan yang paling banyak ditemui di sekitar rumah, sekolah, dan tempat tinggal adalah serangga.

Serangga merupakan hewan yang paling mendominasi di bumi. Mereka dapat hidup di sekitar kita. Serangga tidak jarang mempunyai warna menarik namun menghasilkan suatu zat yang beracun yang dapat menimbulkan rasa sakit, menimbulkan iritasi, dan rasa terbakar. Ada juga serangga yang menyengat apabila diganggu. Dan ada pula serangga di sekitar kita yang dapat menularkan penyakit.

Serangga yang menghasilkan zat racun ketika disentuh misalnya ulat api atau ulat srengenge, ulat jaran, ulat bulu dan lain-lain. Ulat yang permukaan tubuhnya berambut, pada umumnya berbahaya untuk disentuh/ dipegang. Kecoak juga dapat menghasilkan cairan yang menyebabkan iritasi kulit ketika dipegang. Jika jalan-jalan dan bermain di kebun atau lapangan bola banyak ditemukan sarang semut. Semut yang dapat menimbulkan sensasi kulit terbakar adalah semut api. Kemudian ketika di kebun ada semut rangrang yang menghasilkan asam format yang menimbulkan sensasi terbakar.

Nyamuk yang ada di lingkungan rumah dan kebun merupakan serangga yang dapat menularkan penyakit demam berdarah, malaria, chikungunya, kaki gajah, dll. Nyamuk menularkan penyakit dari orang yang sakit ke orang yang sehat melalui gigitan ketika menghisap darah.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, diharapkan anak-anak untuk dibiasakan bertanya kepada guru atau orang tua ketika menemukan suatu binatang yang menarik perhatian mereka. Atau, pengenalan serangga yang ada di sekitar mereka harus dilakukan oleh guru atau orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.